Macam-macam : minuman nusantara

Minuman Khas Nusantara



Tinggal di Indonesia memang menyenangkan. Aneka makanan yang lezat tersedia disini. Beragam minuman segar pun ada. Selain nikmat, minuman khas Indonesia juga memiliki khasiat positif dan menyehatkan. 

Berikut ini adalah contoh macam-macam minuman khas Nusantara : 

1. Es Campur



Es campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuat nya dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalamsirup manis. Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis atau masam. Es campur dapat dijumpai di berbagai

 

2. Es Cendol








Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih.

3. Es Slendang Mayang









Es selendang mayang adalah salah satu minuman tradisional Indonesia asal Jakarta. Minuman ini sekarang jarang ditemukan karena dikalangan masyarakat Betawi sendiri minuman ini dianggap minuman kuno. ... Beberapa penjual di kota tua membuat minuman ini dengan bahan dasar tepung hunkwe dengan alasan lebih mudah dan efisien.

4. Es Telerrr



Es teler adalah koktail buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengansantan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk sirup rasa kelapa dan pandan), gula, dan sedikit garam. Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia.





5. Es Pisang Ijo











Minuman es asal Makassar ini memang cukup populer. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja yang dilapisi kulit berwarna hijau dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan, dan air daun suji. Pisang ijo ini disajikan dengan bubur sumsum, es, sirup merah, dan susu kental manis. Karena banyaknya komponen yang disajikan, es pisang ijo ini cukup membuat kenyang, lho. Selain es pisang ijo, ada juga es palu butung dari daerah yang sama. Bedanya, es palu butung tidak dibungkus adonan kulit hijau.

6. Es Tambring










Pulau Bali tak hanya terkenal dengan keindahan paronamanya saja, tapi juga wisata kulinernya. Salah satu minuman es yang tak boleh dilewatkan adalah es tambring. Minuman yang satu ini punya rasa yang unik karena dibuat dari campuran air kelapa, air gula jawa, putih telur ayam kampung, dan gula pasir secukupnya. Bahkan meskipun dicampur putih telur, es tambring sama sekali tidak terasa amis dan justru menyegarkan.

7. Es Kacang Merah










Kacang merah memang sering dibuat sajian gurih seperti sup, tapi jadi minuman es pun tak kalah menarik untuk dicoba! Di Indonesia, ada dua versi es kacang merah, yakni es kacang merah Palembang dan es kacang merah Manado. Perbedaan antara dua daerah ini adalah pemakaian susu kental manis coklat di daerah Manado, sedangkan Palembang memakai sirup cocopandan berwarna merah sebagai pemanisnya. Namun pastinya, kacang merah yang empuk, legit, dan manis jadi kunci kelezatan sajian es ini. Kedua jenis es kacang merah sangat mudah ditemui di rumah makan Manado atau warung pempek khas Palembang.

8. Es Lidah Buaya









Lidah buaya adalah salah satu  tanaman berdaun hijau tebal berduri yang bagian dalamnya mirip sekali dengan jelly. Tanaman ini umumnya sering dijadikan bahan minuman yang cukup terkenal terutama di daerah Pontianak, Kalimantan Barat yaitu Es Lidah Buaya. Cara membuat Es lidah buaya ini sangat simpel, siapkan wadah isi dengan potongan lidah buaya dan air gula ke dalam wadah saji lalu tambahkan es batu secukupnya. Minuman segar sekaligus menyehatkan dari aloe vera telah selesai, cocok dinikmati di cuaca tropis Indonesia.

9. Es Timun Serut










Jika kita berkunjung ke restauran Mie Aceh, rasanya tak lengkap jika tak memesan minuman khas Aceh yang satu ini. Di daerah Aceh, minuman es timun serut selasih selalu ada di daftar menu tempat makan yang menyajikan masakan Aceh. Untuk resep es timun serut selasih Aceh original biasanya disajikan dengan sirup gula atau sirup kemasan berwarna merah yang kental. Setelah itu es timun serut disiram dengan perasaan air jeruk nipis sehingga menciptakan rasa asam manis dengan aroma timun yang khas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Afifah ifah'Nda

Manfaat buah