Manfaat : setiap bagian pohon kelapa

Manfaat bagian-bagian Pohon Kelapa


Pohon kelapa (Cocos nucifera) memang serbaguna dan memiliki banyak manfaat. Mulai dari akar, batang, daun, buah, hingga pelepahnya, semua bisa dimanfaatkan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak!


A.) Akar



  1. Minuman dan obat-obatan herbal. Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna, bahan dasar pembuatan sikat gigi, dan bahan dasar untuk alat pencuci mulut. Selain itu, dengan mengkonsumsi air rebusan akar kelapa yang telah disaring, dapat membantu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini juga dapat mengobati gatal-gatal.
  2. Konstruksi bangunan. Karena memiliki struktur yang cukup kuat, akar pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penyangga bangunan (cakar ayam).
  3. Penangkal banjir. Karena mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak, akar kelapa juga dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir. Hal inilah yang mungkin dijadikan sebagai alasan mengapa pohon kelapa banyak ditanam di pemukiman warga.
  4. Bahan aneka kerajinan tangan. Sejak zaman dahulu, akar tumbuhan kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis, misalnya seperti pembuatan gelang, kalung dan lain-lain.

B.) Batang




1. Sebagai bahan desain struktur dan interior.
Pemanfaatan batang kelapa untuk desain interior terbagi sesuai dengan kualitas kepadatannya, yaitu :
  • Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras (high-density), cocok untuk struktural umum seperti pilar, gulungan, arung jeram, furniture, jendela, kusen pintu, lantai, decking dan balok lantai.
  • Batang kelapa kepadatan menengah dapat digunakan untuk dinding, langit-langit, balok, dan kancing horisontal.
  • Batang kelapa dengan kepadatan rendah digunakan dalam aplikasi bantalan non-beban seperti panel kayu, lis internal dan langit-langit, serta peralatan rumah tangga.
2. Sebagai bahan desain eksterior. Batang kelapa juga dapat digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan , seperti pintu masuk atau gerbang, layar, dan pintu.
3. Bahan dasar pembuatan kertas. Batang kelapa dapat juga diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.

C.) Daun




  • Daun kelapa yang masih muda atau biasa disebut dengan janur, dapat dimanfaatkan untuk berbahai macam hal, seperti bahan anyaman untuk dekorasi sebuah upacara adat, sebagai pembungkus makanan, seperti ketupat, dan lemet.
  • Daun kelapa yang sudah tua, bisa digunakan sebagi banahn anyaman untuk pembuatan atap maupun dinding bangunan.
  • Daun kelapa yang sudah kering dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan anyaman untuk pembuatan tikar, topi, tas, dan aneka jenis kerajinan tangan lainnya. Selain itu, daun kelapa yang sudah kering dapat juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat kertas setelah diekstrak menjadi bubur.
  • Batang daun atau biasa disebut lidi, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat kebersihan, seperti sapu taman.
  • Dan mungkin yang belum kita ketahui, ternyata daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pakan ternak. Daun kelapa merupakan makanan favorite bagi para gajah.

D.) Buah




Masing-masing dari bagian buah kelapa juga memiliki berbagai manfaat seperti :
1. Air kelapa


Air didalam buah kelapa yang masih muda dapat bermanfaat untuk kesehatan kita. Ia dapat memberikan hidrasi yang tepat pada tubuh, pembersihan alami ginjal, dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga dipercaya mampu menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekasnya, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan mencegah dehidrasi. Dibeberapa negara, seperti India, Thailand, dan srilanka, air kelapa dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan sup.
Dalam dunia kecantikan, air kelapa juga merupakan bahan yang ideal untuk ditambahkan dalam masker wajah buatan sendiri.

2. Daging buah kelapa


  • Daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.
  • Daging kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa yang menarik yang unik. Ia dapat digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep masakan.
  • Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan minyak seperti manfaat minyak zaitun atau Canola. Asam laurat dalam minyak kelapa diyakini sangat baik untuk kesehatan, ia dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit.
  • Selain itu, minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk rambut juga. Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus.
  • Minyak kelapa juga digunakan untuk memijat bayi. Hal ini diyakini sehat bagi kulit bayi.
3. Cangkang atau tempurung kelapa


Cangkang keras dari buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :
  • Arang untuk memasak
  • Bahan kerajinan seperti ukiran, sendok nasi, gayung, maupun yang lainnya.
  • Batok kelapa juga dapat diolah sebagai filter rokok
  • Penyerap gas berbahaya
  • Memurnikan CO2 hasil fermentasi
4. Sabut kelapa


Pemanfaatan sabut kelapa antara lain adalah :
  • Sebagai scrubber yang dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan piring makan, cangkir dan bahkan lantai.
  • Sabut kelapa juga digunakan sebagai bahan kerajinan, seperti untuk membuat rambut boneka, jok, bantal, kasur keset, tali dan bahan industri karpet.
  • Sebagai pupuk organik cair. Caranya adalah dengan merendam sabut kelapa dalam air selama +/- 15 hari atau sampai air rendaman menjadi hitam. Kandungan kalium klorida dalam air rendaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair.
  • Sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai media tanam organik, yaitu dengan cara digiling halus hingga menjadi serbuk.

E.) Bunga


Bagian bunga dari kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :

  • Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka.
  • Sebagai bahan obat-obatan tradisional
  • Sebagai bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sandal.


#SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Afifah ifah'Nda

Manfaat buah